Postingan

Video Pembelajaran Cara Mudah Menentukan Pecahan Senilai

Gambar

17 Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Gambar
Penting melakukan aktivitas berjemur di masa pandemi. Selain untuk tujuan memperoleh asupan vitamin D gratis yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga imunitas yang prima, juga ternyata sebagai event terapi pikiran. betapa tidak saat pandemi seperti saat ini para ahli kesehatan dan pemerintah yang bertanggung jawab dalam hal ini, eberlakukan pembatasan aktivitas waga masyarakat untuk menghindari terpapar virus Covid 19. Kesehatan kini harus benar-benar dijaga, saat ini kesehatan dapat dikatakan mahal, maka banyak seorang yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati. Oleh karena itu kita harus pandai mengatur dan mengamjlail kesempatan untuk memanfaatkan hal-hal yang dapat menunjang kesehatan. Salah satunya adalah matahari. Bila kemarin sudah membahas mengenai manfaat sumber daya alam baik manfaat yang dirasakan langsung dan tidak langsung. baik manfaat sumber daya alam hewani maupun manfaat sumber daya alam nabati. Nah, inilah salah satu contoh manfaat sumber daya

Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Sebuah paragraf pastinya terdiri dari beberapa kalimat. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang baik tersusun dari sebuah gagasan pokok dan satu atau lebih (beberapa) gagasan pendukung. Gagasan pokok ini juga bisa disebut dengan gagasan utama atau ide pokok. Gagasan pokok menjadi dasar untuk menulis (mengembangkan) gagasan pendukung yang tercantum dalam kalimat-kalimat penjelas. Gagasan Pokok Gagasan pokok merupakan inti dari paragraf. Biasanya terdapat pada kalimat utama yang terdapat di awal, tengah, atau akhir paragraf. Meski merupakan inti, gagasan pokok tidak dapat berdiri sendiri. Harus ada gagasan pendung yang membuat paragraf menjadi utuh. Ciri-Ciri Gagasan Pokok Gagasan pokok memiliki beberapa ciri yang dapat diidentifikasi: 1. Kalimat umum Gagasan pokok terdapat pada kalimat yang paling umum dalam paragraf tersebut. Biasanya kalimat ini dijelaskan atau dijabarkan oleh kalimat-kalimat lain. Bisa dijelaskan sebelum kalimat utama sehingga kalimat utamanya terdapat di

Tugas Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3

Tugas Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 Muatan Bahasa Indonesia Siswa menyimak cerita di bawah ini Fahombo Batu Tradisi lompat batu berasal dari suku Nias. Suku Nias berasal dari Pulau Nias, yang terletak di sebelah barat Pulau Sumatera. Lompat batu atau yang dikenal dengan nama "Fohombo Batu" merupakan ciri khas masyarakat Nias. Tradisi melompati batu hanya dilakukan oleh kaum laki-laki, khususnya pemuda. Mereka harus melompati susunan batu setinggi 2 meter dengan ketebalan 40 cm. Tradisi ini bertujuan untuk menunjukkan kekuatan dan ketangkasan para pemuda yang melakukannya. Seseorang yang berhasil melakukan tradisi ini dianggap hebat, baik bagi dirinya, maupun keluarga dan masyarakat di desa itu. Berdasarkan teks tersebut, tentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari masing-masing paragraf! Paragraf 1 Gagasan Pokok ............................................................................................ ..............................................

Rangkuman Materi Tema 6 Kelas 4 SD Tema Cita-citaku

Assalamualaikum, Halo Anak-anak kelas 4 SDN Pambar. Tidak terasa pembelajaran tema 6 sudah usai ya. Sekarang untuk lebih memantapkan pengetahuan kalian mengenai materi tema 6, ibu akan menyajikan rangkuman materi dari konten mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, SBDP dan IPA pada tema ini. Semoga dengan rangkuman ini kalian bisa memahami tema DAERAH CITA-CITAKU secara utuh dan menyeluruh. A. Bahasa Indonesia,P. A.1. Dasar-dasar Puisi Puisi: karya sastra yang terikat pada rima dan irama yang disusun dalam bentuk baris dan bait untuk menggambarkan perasaan pengarangnya. Ciri-ciri Puisi: Ditulis dalam bentuk baris berjajar ke bawah secara berkelompok. Kelompok baris dalam puisi disebut bait. Diksi (pemilihan kata) bersifat kias, padat, dan indah serta mempertimbangkan rima/persajakan. Penggunaan majas (gaya bahasa, perumpamaan) sangat dominan. Latar, alur, dan tokoh tidak begitu ditonjolkan. Unsur Puisi: Kata: unsur utama dalam penyusunan puisi, menentukan kesatuan

Rangkuman Materi Tema 7 Kelas 4 SD Indahnya Keberagaman Negeriku

Assalamualaikum, Halo Anak-anak kelas 4 SDN Pambar. Tidak terasa pembelajaran tema 7 sudah usai ya. Sekarang untuk lebih memantapkan pengetahuan kalian mengenai materi tema 7, ibu akan menyajikan rangkuman materi dari konten mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, SBDP dan IPA pada tema ini. Semoga dengan rangkuman ini kalian bisa memahami tema INDAHNYA KEBERAGAMAN NEGERIKU secara utuh dan menyeluruh. A. Bahasa Indonesia Cerita Fiksi: cerita yang tidak benar-benar terjadi. Fabel: cerita tentang kehidupan hewan yang berperilaku seperti manusia untuk menyampaikan pesan moral terkait perilaku manusia. Cerita Rakyat: cerita yang disampaikan secara turun-temurun secara lisan dan bersifat anonim. Legenda: cerita rakyat yang dihubungkan dengan tokoh sejarah dan dibumbui dengan kesaktian tokoh-tokohnya dan dianggap benar-benar terjadi. Umumnya menceritakan tentang asal mula terbentuknya suatu tempat. Ciri-ciri Legenda: Dianggap sebagai kejadian nyata yang benar-benar terjadi d

Rangkuman Tema 9 Kelas 4 SD

Assalamualaikum, Halo Anak-anak kelas 4 SDN Pamulang Barat. Tidak terasa pembelajaran semua tema sudah hampir usai ya. Sekarang untuk lebih memantapkan pengetahuan kalian mengenai materi tema 9, ibu akan menyajikan rangkuman materi dari konten mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, SBDP dan IPA pada tema ini. Semoga dengan rangkuman ini kalian bisa memahami tema KAYANYA NEGERIKU secara utuh dan menyeluruh. A. Bahasa Indonesia A.1. Wawancara Wawancara: percakapan antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan suatu informasi Narasumber: orang yang memiliki pengetahuan atau penguasaan di bidang yang relevan dengan tema wawancara Pewawancara: orang yang mewawancarai dan menggali informasi dari narasumber Unsur Teks Wawancara: 5W + 1H What (Apa): menanyakan kejadian Who (Siapa): menanyakan pelaku (khusus untuk orang) Where (Di mana): menanyakan tempat kejadian When (Kapan): menanyakan waktu kejadian Why (Mengapa): menanyakan alasan terjadinya sesuatu How (Bagaim