Postingan

Rangkuman Materi Tema 6 Kelas 4 SD Tema Cita-citaku

Assalamualaikum, Halo Anak-anak kelas 4 SDN Pambar. Tidak terasa pembelajaran tema 6 sudah usai ya. Sekarang untuk lebih memantapkan pengetahuan kalian mengenai materi tema 6, ibu akan menyajikan rangkuman materi dari konten mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, SBDP dan IPA pada tema ini. Semoga dengan rangkuman ini kalian bisa memahami tema DAERAH CITA-CITAKU secara utuh dan menyeluruh. A. Bahasa Indonesia,P. A.1. Dasar-dasar Puisi Puisi: karya sastra yang terikat pada rima dan irama yang disusun dalam bentuk baris dan bait untuk menggambarkan perasaan pengarangnya. Ciri-ciri Puisi: Ditulis dalam bentuk baris berjajar ke bawah secara berkelompok. Kelompok baris dalam puisi disebut bait. Diksi (pemilihan kata) bersifat kias, padat, dan indah serta mempertimbangkan rima/persajakan. Penggunaan majas (gaya bahasa, perumpamaan) sangat dominan. Latar, alur, dan tokoh tidak begitu ditonjolkan. Unsur Puisi: Kata: unsur utama dalam penyusunan puisi, menentukan kesatuan

Rangkuman Materi Tema 7 Kelas 4 SD Indahnya Keberagaman Negeriku

Assalamualaikum, Halo Anak-anak kelas 4 SDN Pambar. Tidak terasa pembelajaran tema 7 sudah usai ya. Sekarang untuk lebih memantapkan pengetahuan kalian mengenai materi tema 7, ibu akan menyajikan rangkuman materi dari konten mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, SBDP dan IPA pada tema ini. Semoga dengan rangkuman ini kalian bisa memahami tema INDAHNYA KEBERAGAMAN NEGERIKU secara utuh dan menyeluruh. A. Bahasa Indonesia Cerita Fiksi: cerita yang tidak benar-benar terjadi. Fabel: cerita tentang kehidupan hewan yang berperilaku seperti manusia untuk menyampaikan pesan moral terkait perilaku manusia. Cerita Rakyat: cerita yang disampaikan secara turun-temurun secara lisan dan bersifat anonim. Legenda: cerita rakyat yang dihubungkan dengan tokoh sejarah dan dibumbui dengan kesaktian tokoh-tokohnya dan dianggap benar-benar terjadi. Umumnya menceritakan tentang asal mula terbentuknya suatu tempat. Ciri-ciri Legenda: Dianggap sebagai kejadian nyata yang benar-benar terjadi d

Rangkuman Tema 9 Kelas 4 SD

Assalamualaikum, Halo Anak-anak kelas 4 SDN Pamulang Barat. Tidak terasa pembelajaran semua tema sudah hampir usai ya. Sekarang untuk lebih memantapkan pengetahuan kalian mengenai materi tema 9, ibu akan menyajikan rangkuman materi dari konten mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, SBDP dan IPA pada tema ini. Semoga dengan rangkuman ini kalian bisa memahami tema KAYANYA NEGERIKU secara utuh dan menyeluruh. A. Bahasa Indonesia A.1. Wawancara Wawancara: percakapan antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan suatu informasi Narasumber: orang yang memiliki pengetahuan atau penguasaan di bidang yang relevan dengan tema wawancara Pewawancara: orang yang mewawancarai dan menggali informasi dari narasumber Unsur Teks Wawancara: 5W + 1H What (Apa): menanyakan kejadian Who (Siapa): menanyakan pelaku (khusus untuk orang) Where (Di mana): menanyakan tempat kejadian When (Kapan): menanyakan waktu kejadian Why (Mengapa): menanyakan alasan terjadinya sesuatu How (Bagaim

Rangkuman Tema 8 Kelas 4 SD

Assalamualaikum, Halo Anak-anak kelas 4 SDN Pamulang Barat. Tidak terasa pembelajaran semua tema sudah usai. Sekarang untuk lebih memantapkan pengetahuan kalian mengenai materi tema 8, ibu akan menyajikan rangkuman materi dari konten mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, SBDP dan IPA pada tema ini. Semoga dengan rangkuman ini kalian bisa memahami tema DAERAH TEMPAT TINGGALKU secara utuh dan menyeluruh A. Bahasa Indonesia Cerita Fiksi: cerita yang tidak benar-benar terjadi, sengaja dikarang oleh pengarang. Termasuk karya sastra berbentuk prosa Bagian-bagian Prosa: Tokoh: pelaku cerita a. Tokoh Utama: memiliki peran penting dan ditampilkan terus-menerus b. Tokoh Tambahan: muncul beberapa kali saja untuk menghidupkan cerita 2. Alur: urutan rangkaian cerita 3. Tema: pokok masalah yang dibahas dalam cerita 4. Pencerita: pihak yang menceritakan kisah, bisa penulis atau salah satu tokoh 5. Latar: tempat dan waktu terjadinya cerita 6. Watak: sifat yang dimiliki masing-mas

Wisata Situ Gunung Sukabumi

Gambar

Pahala Puasa

Assalamualaikum anak2 shaleh shalehah 4B, selamat menunaikan ibadah di Bulan Ramadhan. Ibadah itu adalah segala kebaikan yang kita kerjakan. Pahala ibadah di Bulan Suci ini, Allah lipatgandakan. Khusus untuk ibadah Puasa Allah langsung yang membalasnya. KENAPA PUASA DIKHUSUSKAN DALAM FIRMAN ALLAH TA’ALA (HADITS QUDSI), "PUASA UNTUKKU DAN AKU YANG AKAN MEMBALASNYA" Alasan yang paling kuat adalah sebagai berikut; 1.Bahwa puasa tidak terkena riya. Ibadah yang lainnya bisa terlihat oleh orang lain, sedangkan puasa tidak. Kan bisa saja kamu ngakunya puasa tapi ngumpet makan atau minum. Naaah, ALLAH MAHA MENGAWASI walaupun kita berada di dalam peti. Inilah salah satu alasanya. Hayooo...ada yang begitu gaaa...😁 Mudahkan, lancarkan, dan berkahi Ya Allah untuk kami bisa menjalankan ibadah puasa dengan yang terbaik hanya mengharap RidhaMu.
Soal PTS tema 6 Kelas 4 Semester 2 kurikulum 2013 Kompetensi Dasar PPKn 3.3. Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. 1. Manfaat keragaman adalah… a. Menumbuhkan sikap toleransi c. Kerja sama b. Menumbuhkan sikap percaya diri d. Gotong royong1. 2. Ras atau suku merupakan keberagaman yang dapat ditemukan di.. a. Tempat beribadah c. Lingkungan sosial b. Rumah d. Masjid 3. Selain untuk menjalankan ibadah, rumah ibadah juga digunakan untuk .... a. Saling mengenal antar kita b. Tempat istirahat siang c. Mempelajari ilmu agama d. Sarana wisata keluarga 4. Sikap yang harus kita hindari dalam meraih cita-cita adalah .... a. pantang menyerah b. semangat c. putus asa d. percaya diri 5. Melestarikan budaya dapat dilakukan dengan cara ... . a. Mengabadikan lewat foto b. menjualnya ke negara lain c. Mempelajarai budaya Indonesia d. Membiarkan tumbuh kembang Kompetensi dasar Bahasa Indonesi